Sunday, February 15, 2015

Interface Online Shop




Saat ini hampir seluruh bagian di dunia telah menggunakan internet, untuk mempermudah pekerjaan manusia ataupun memperoleh informasi. Terkadang dengan semakin sibuknya pekerjaan, kita sampai lupa untuk memanjakan diri atau sekedar cuci mata untuk refreshing. Waktu yan singkat dan pekerjaan yang banyak tentu menjadi alasannya. Online shopping mampu menjadi alternatif kita untuk cuci mata dan memperoleh barang yang kita inginkan dengan sangat mudah. Bahkan saat ini online shop telah merajalela. Namun tidak sedikit orang merasa tidak percaya dengan online shop karena barang yang diterima tidak sesuai dengan barang yang ada di gambar.
Saya merupakan salah satu orang yang suka melihat barang-barang di online shop karena dapat mudah mendapatkan barang yang saya inginkan. Salah satu online shop yang saya lirik adalah www.lazada.co.id. Di lazada terdapat berbagai macam barang dari pakaian sampai alat elektronik. Namun kita juga harus hati-hati dalam memilih barang, kita harus melihat detail produk dan spesifikasi produk.
Ini adalah contoh website dari Lazada. 




Seperti yang terdapat pada gambar diatas, tampilan web Lazada begitu ramai dan agak membingungkan. Pada bagian tengah Home ada informasi tentang iklan seperti diskon  dan pada bagian sebelah kiri Home ada kategori-kategori produk. Begitupun jika kita scroll ke bawah maka akan ada berbagai kategori berdasarkan floor, dan  ada berbagai jenis iklan diskon seperti gambar di bawah ini:




Terkadang saya bingung mencari kategori-kategori yang ada sehingga saya lebih memilih untuk menuliskan keyword pada kotak searching dan saya langsung mendapatkan barang yang saya inginkan (jika memang tersedia).
Sebagai contoh, apabila kita mengklik kategori “furnitur”, akan muncul berbagai furnitur yang tersedia. Alangkah lebih baik jika furnitur juga dikategorikan sehingga user dapat lebih mudah mencari barang.
 




Setelah menemukan barang yang diinginkan, kita dapat melihat detail produk dan spesifikasi produk sehingga user memiliki gambaran yang jelas tentang barang yang akan dipilihnya.



Itulah sedikit ulasan tentang salah satu online shop yang terkenal. Menurut saya, lebih baik jika interface online shop tersebut lebih sederhana dalam pengkategorian suatu produk, karena user mengingkan interface yang baik dan sederhana agar mudah dipahami.

Dibawah ini juga ada beberapa blog yang me review tentang interface suatu website:
http://hamidatulkhairat.blogspot.com/
http://zahratulrahmii.blogspot.com/
http://izidnys.blogspot.com/2015/02/interaksi-manusia-komputer-google-now_75.html



4 comments:

  1. Iya bener interface nya sudah baik tapi mending kategorinya dibuat seserhana biar user tidak bingung

    ReplyDelete
  2. Menurut saya interface nya sudah bagus, namun pada tampilan page home dari web www.lazada.co.id terlalu ramai. Produk-produk yang ditawarkan juga belum spesifik kategorinya. Sebaiknya kategori barang yang ditawarkan dibuat lebih spesifik, sehingga user lebih mudah dalam mengaksesnya.

    ReplyDelete
  3. Ulasan yang menarik dan Saya sangat setuju dengan penulis, lazada adalah salah satu situs jual beli terlengkap di indonesia. memiliki ciri logo dan warna yang khas sehingga memudahkan pelanggan untuk mencirikannya. UI yang tertanam juga sangat menarik mulai dari komposisi warna serta layoutnya sehingga memudahkan pelanggan untuk mencari barang yang sesuai dengan keinginan. selain untuk bertransaksi di lazada juga relatif mudah sehingga pengguna tanpa ragu untuk berbelanja disini.

    ReplyDelete
  4. wah pembahasan dari saudari Rifka Saskia sangat menarik yaitu online shop sepertinya anda salah satu dari pengguna online shop dan sangat memahami apa itu online shop ya hahahaha

    ReplyDelete